Toko Online Kecil Jadi Incaran Siber Kejahatan

by -27 views

DuniaCyber.org – Pelaku kejahatan siber sering memilih perusahaan berskala sangat kecil sebagai target mereka. Usaha kecil pada umumnya jarang mengalokasikan biaya signifikan untuk sistem keamanan, bahkan sering kali tidak memiliki spesialis TI, dan paling penting, memiliki kecenderungan beroperasi hanya pada satu atau dua komputer, sehingga membuatnya lebih mudah menjadi target bagi para pelaku kejahatan siber dalam memburu informasi penting.

Baru-baru ini, teknologi Kaspersky mendeteksi serangan lain yang ditujukan ke bisnis toko online kecil. Para pelaku kejahatan siber, menggunakan metode rekayasa sosial (social engineering), dengan percobaan seperti memaksa pemilik bisnis untuk menjalankan skema berbahaya di komputer mereka.

Aspek paling menarik dari serangan ini adalah trik yang digunakan pelaku kejahatan siber dalam meyakinkan karyawan toko untuk mengunduh dan membuka file berbahaya. Mereka berpura-pura menjadi pelanggan dan mengirimkan surat dengan mengaku telah membayar pesanan tetapi tidak bisa menerimanya. Mereka mengklaim adanya permasalahan di kantor pos dan meminta toko untuk mengisi dokumen dengan detail berupa informasi pengirim, nomor lacak, dan sebagainya.

Surat tersebut ditulis dalam bahasa Inggris yang tidak sempurna tetapi cukup dimengerti, berisikan tautan menuju objek yang di hosting di Google Documents. Mengklik tautan akan memulai pengunduhan arsip, yang tentu saja berisi file berbahaya – dalam hal ini, arsip dengan ekstensi xlsx.

About Author: admin

Gravatar Image
Seorang pemuda yang senang dengan berbagai macam informasi dunia siber dan juga penikmat kartun anime

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *